Thursday, September 29, 2016

Tutorial Remote Server Dengan SSH Windows Debian

Tutorial Remote Server Dengan SSH Windows Debian


Pada kesempatan kali ini saya akan sharing tutorial cara mengkonfigurasi atau membuat remote access server dengan SSH. Tapi ini secara semi virtual ya, masalahnya servernya di aplikasi virtual box lalu clientnya secara real host atau sistem operasi yang sudah terpasang di lapotop atau komputer kita. Servernya saya memakai debian 7 dan clientnya windows 10. Sebenarnya ini adalah tugas saya tapi saya ingin berbagi dan ini merupakan laporan saya yaitu laporan setting remote access debian server di virtual box dan real host di laptop.
 Jadi intinya mengkoneksikan server di virtual box ke client di laptop atau komputer kita. Dan hasil akhirnya kita bisa mengontrol atau meremote server kita di virtual box dari client di windows menggunakan aplikasi Putty.


Adapun alat atau bahan yang perlu di persiapkan adalah :
- Laptop/komputer
- Aplikasi virtual box
- Debian untuk server (saya memakai debian 7 memakai CLI atau berbasis text)
- Windows 10 sebagai clientnya yang sudah terpasang di laptop. Tidak harus windows 10 bisa windows xp, windows 7, atau windows 8
- Aplikasi Putty bisa di cari dan download di Google
- Debian 7 paket 1 (untuk menginstall SSH)

Pastikan debian nya sudah terinstall atau terpasang di virtual boxnya dan siap untuk di booting atau di jalankan

Langkah-langkahnya adalah :
1. Pertama-tama kita setting terlebih dahulu mesin atau server debian kita menjadi Host-only Adapter di virtual box.
Caranya :
- Buka virtual box lalu klik kanan pada mesin atau debian server yang akan kita booting lalu pilih Setting dan klik tab Network lalu pada bagian Attached to : pilih Host-only Adapter
 

2. Jika sudah mari kita booting atau jalankan debian kita, setelah booting lalu masuk sebagai root dengan perintah su lalu masukkan username dan password root.

3. Setelah itu mari kita konfigurasi atau setting IP Address dari debian yang akan kita sebagai server kita. Cara setting IP Address pada debian server CLI adalah dengan perintah nano /etc/network/interfaces lalu tekan enter.
Setting IP seperti pada gambar di bawah ini yaitu kita menggunakan
IP : 192.168.100.1
Netmask : 255.255.255.0 
Lalu kita simpan atau save dengan cara tekan ctrl+x pada keyboard lanjut tekan y lalu tekan enter.
 
 5.
4. Setelah selesai dan beres menyetting atau mengkonfigurasi IP address dari server kita lanjut dengan menginstall paket SSH. Caranya :
- Cara memasukkan disc debian untuk menginstall suatu paket di virtual box adalah pertama-tama klik kanan pada icon disc yang terletak pada bagian taskbar bawah agak kanan lalu pilih choose dan cari dimana anda menyimpan iso debiannya. Ingat untuk menginstall SSH di debian adalah memakai debian paket 1.
  

5. Jika sudah maka kita install SSH di debian CLI kita yaitu dengan perintah apt-get install ssh lalu tekan tombol enter pada keyboard
 

Blog Archive