Sunday, July 31, 2016

Contoh Soal Sejarah Indonesia Kelas 12

Contoh Soal Sejarah Indonesia Kelas 12



Soal :
1. Apa yang melatar belakangi pemberontakan DI/TII pimpinan Kahar Muzakar ?
2. Sebutkan tuntutan umum dari gerakan separatis di daerah-daerah ?
3. Apa yang melatar belakangi S.M Kartosuwiryo melakukan pembentukan DI/TII
4. Jelaskan keterkaitan antara GAM dengan DI/TII
5. Jelaskan tentang pemberontakan PKI tahun 1948

Jawaban :
1. Munculnya gerakan DI/TII tersebut bermula dari Kahar Muzakar menempatkan laskar-laskar rakyat Sulawesi Selatan ke dalam lingkungan APRIS (Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat). Selanjutnya, Kahar Muzakar berkeinginan untuk menjadi pimpinan APRIS di daerah Sulawesi Selatan.

2. Mengoptimalkan potensi dan kekayaan daerah, menuntut otonomi daerah yang seluas-luasnya, dan mengusahakan pertimbangan daerah agar serta dengan perkembangan di Ibu Kota Jakarta.

3. Karena Sekarmaji Marijan Kartosuwiryo ingin mendirikan negara islam di indonesia , sejak perjanjian renville ditandatangani pada tanggal 8 desember 1947 . Pasukan hisbullah dan sabilillah yang dipimpin oleh sm kartosuwiryo. Kemudian karto suwiryo membentuk gerakan darul islam dan seluruh pasukannya dijadikan tentara islam indonesia

4. Hasan Tiro pernah menjadi pengikut Abu Daud dan pembantaian etnis dan ulama Aceh pada masa DI/TII. Kalau dilihat dari latar belakang pemberontakan pun berbeda jauh dengan DI/TII. Abu Daud memperjuangkan penerapan syariat islam di Aceh sedangkan Hasan Tiro menginginkan Aceh yang merdeka dan berdaulat.

5. Pada Tahun 1948 terjadi bentrok anatara pasukan propemerintah RI dan pasukan pro-PKI di Surakarta. Untuk menghentikan pemerintah menunjuk kolonel Gatot Subroto. Akhirnya 17 September 1948 pasukan pro-PKI mundur dari Surakarta. Kemudian 30 September 1948 di Kota Madiun berhasil di kuasai Tni. Muso tertembak dan Amir tertangkap . Bulan Desember operasi dinyatakan selesai.

Available link for download