Sunday, August 28, 2016

8 Tips Dalam Bermain COC Kamu Harus Tahu

8 Tips Dalam Bermain COC Kamu Harus Tahu


Clash of Clans adalah sebuah game bergenre perang multiplayer yang dimainkan secara online dimana para pemainnya membangun komunitas, melatih pasukan, dan menyerang pemain lain untuk mendapatkan emas, elixir dan dark elixir, membangun pertahanan yang melindungi pemain dari serangan pemain lain, dan untuk melatih serta meningkatkan kemampuan maupun jumlah pasukan.  Clash of Clans ini dapat di mainkan di plaftform iOs dan Android. Tetapi dapat di mainkan juga di komputer maupun laptop dengan bantuan kemulator android untuk sistem operasi Windows.


Tetapi pada kesempatan ini Wong Jobo akan membahas tentang tips bermain Clash of Clans. Pada awal memainkan Clash of Clans, Anda akan di bekali dengan 500 Gems. Apa itu Gems? Gems adalah sebuah permata virtual layaknya berlian dengan ciri khas berwarna hijau layaknya berlian. Gems digunakan untuk mempercepat setiap aspek dari permainan, seperti waktu konstruksi pelatihan pasukan penelitian laboratorium. Gems juga dapat digunakan untuk membeli lebih banyak sumber daya dan pembangun.


Gems bisa didapatkan dengan banyak cara antara lain :

1. Dengan membelinya dengan uang asli, yaitu melalui alat pembayaran online oleh Google Play.


2. Gems diberikan setelah mencapai prestasi tertentu, contohnya seperti melakukan upgrade Townhall dan dapat di ambil dengan cara Claim Reward.

3. Bersihkan pohon, jamur, batang, batu yang ada di base Clash of Clans maka akan mendapat Gems anatara rentang 3-6 Gems bahkan bisa lebih.

4. Dengan membuka Gems Box maka Anda akan mendapatkan Gems sebanyak 25, tetapi tidak untuk setiap hari.

Berikut 8 tips dalam bermain Clas of Clans yang wajib kamu ketahui :


1. Simpan Gems Anda

Pada awalnya Anda bermain Clash of Clans dibekali dengan 500 Gems dan Anda akan kehilangan 50 Gems untuk melanjutkan perintah tutorial hingga selesai. Jika anda bijak dalam menggunakan Gems maka Anda akan cepat dalam menambahkan Builder Hut. Berikut adalah tingkatan harga Builder yang hanya bisa di beli dengan Gems :

Builder 1 : Sudah ada di base.

Builder 2 : 250 Gems, harus Anda beli selama menyelesaikan tutorial.

Builder 3 : 500 Gems

Builder 4 : 1000 Gems

Builder 5 : 2000 Gems

Untuk membeli Builder ke 3 relatif lebih cepat daripada membeli Builder ke 4 dan 5 karena perbedaan harga yang sangat jauh. Builder tambahan sangat membantu Anda dalam membangun base. Dengan prestasi achievements war clan dan trophy Anda dapat membuka Builder ke 4 dalam beberapa bulan dengan syarat tidak menggunakan Gems. Builder ke 5 perlu membutuhkan dorongan setelah di liga Champion karena dengan membuka semua achievements akan mendapatkan Gems yang banyak.

Baca Juga : Base Farming COC Terbaik TH 5 Juli 2015

2. Gunakan Trops Yang Murah

Sangat di sayangkan bagi pemain baru yang membuat trops tidak mempertimbangkan dari segi harga dalam membuatnya yang belum tentu mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari biaya pembuatannya. Sebagai contoh untuk membuat  trop Giant biayanya jauh lebih besar daripada trop Barbarian lebih baik membuat banyak barbarian untuk loot atau mencari gold dan elixir. Pada Townhall level 7 keatas Naga lebih banyak digunakan daripada Giant walaupun harga yang lebih mahal. Sementara Wizards lebih kuat dari Archer, mereka tidak hanya biaya lebih untuk membuat, tetapi masing-masing Wizard membutuhkan waktu 8 menit. Sementara itu, Anda bisa membuat 4 Archers dalam waktu kurang dari dua menit. Jadi jika anda ingin loot pakailah Archer daripada Wizard.

3. Gunakan Spells Ketika Diperlukan

Spells juga merupakan unit termahal apalagi jika sudah di upgrade, gunakan spell saat war clan. Dan pikirkan baik akan menggunakan spell jenis apa jangan sampai salah ketika memilih spell untuk war clan. Jika anda butuh dark elixir maka gunakanlah spell petir untuk mencari dark elixir karena sebagian besar penampungnya di taruh ditengah dan sulit di jangkau

4. Jangan Terburu-buru Upgrade Townhall

Townhall merupakan jantung base, Townhall menentukan defens yang terbuka setelah mengupgradenya. Lebih baik kita memaksimalkan defens, wall dan trops terlebih dahulu hingga titik maksimal. Setelah itu baru upgrade Townhall. Karena Townhall sangat memengaruhi musuh war anda baik war clan maupun war biasa.

5. Penyerangan Awal

Ketika Anda pertama kali mulai bermain Clash of Clans, Anda mendapatkan shield tiga hari. Gunakan selama waktu tersebut untuk membangun desa terlebih dahulu. Sampai resource gold atau elixir habis baru anda menyerang untuk mendapatkannya dan tentunya untuk membangun pertahanan base.

6. Gunakan fitur Next Pada Penyerangan

Jika anda sedang meyerang sesuaikan base musuh dengan trops yang kamu bawa, maksudnya jika kamu hanya membawa trops dengan kekuatan rendah level rendah dan Anda menyerang musuh yang basenya kuat tentu saja Anda tidak akan menang. Maka Anda harus bijak dalam mengambil keputusan apakah menyerang apakah next atau mencari musuh yang lain. Biasanya musuh yang kuat di liga Anda mereka menempatkan Townhall di luar yang tidak terjangkau defens mereka. Kesempatan bagi Anda untuk hanya menyerang Townhallnya saja.

7. Taruh Clan Castle Di Tengah Base

Clan Castle sangat berguna bagi anda yang sudah memiliki clan. Selain untuk menambah perlindungan base dari serangan musuh Clans Castle juga berguna sebagai wadah penyimpanan gold, elixir, dark elixir yang didapatkan setelah war clan. Dan juga berguna untuk meminta bantuan berupa memberi trops dengan cara request. Lalu mengapa Clans Castle harus di taruh ditengah? Jika anda request trops maka Clans Castle terisi dengan trops yang siap keluar jika di jangkuannya terdapat musuh yang menyerang dan membantu defens anda dalam menyerang musuh. Jika Clans Castle di tempatkan di tepi atau luar base maka penyerang dengan mudah melumpuhkan isi dari Clans Castle tersebut.

8. Fokus Dark Elixir Setelah Townhall Level 7

Seperti halnya elixir, dark elixir juga berfungsi untuk membuat trops dan mengupgrade trops. Di Townhall 7 penampungan dark elixir dan dark dril sudah terbuka. Diikuti dengan barrack baru yaitu dark barrack yang menghasilkan trops baru. Untuk membuat trops maupun mengupgrade trops dari dark barrack di perlukan dark elixir. Dark elixir ini sangat sulit di dapat. Untuk mendapatkannya bisa menyerang base lain yang terdapat dark elixir yang banyak, tetapi yang menjadi sulit adalah penampungan dark elixir di letakkan di tengah base dan biasanya di kepung defens secara ketat. Jika Anda mampu mengalahkan base musuh tersebut maka beruntunglah, Anda mendapatkan dark elixir yang banyak. Jika tidak, tips nya adalah cari base musuh yang menyediakan dark elixir yang banyak setelah itu spell petir pada penampunnya. Pendapatannya juga tidak terlalu banyak, tergantung jumlah dan level spell Anda. Selain cara-cara tersebut yang paling gampang adalah dengan mengikuti clan war, jika clan menang dalam war maka di pastikan setiap anggota akan mendapatkan bonus yang lumayan banyak. Apalagi jika war clan menang banyak war kedua bisa anda gunakan untuk mencari bonus.

Baca Juga : Langkah Awal Dan Tips Bermain COC Untuk Pemula

Itulah beberapa tips tentang cara bermain Clash of Clans yang baik. Terimakasih sudah membaca, jangan lupa tinggalkan komentar untuk saling sharing tentang game Clash of Clans.

Available link for download