Monday, August 22, 2016

Cara Memperbaiki Eror “setup is starting” yang Tidak Mau Berhenti

Cara Memperbaiki Eror “setup is starting” yang Tidak Mau Berhenti


Windows

Apakah Anda pernah menemui masalah eror “setup is starting” yang tidak pernah berhenti-berhenti? Ya, saya mengalami hal ini. Pada suatu saat saya sedang menginstall ulang laptop saya. Pada awalnya, semua proses berjalan lancar. Setelah saya tekan menu “install”, muncul halaman “setup is starting”.
Seharusnya, ini merupakan hal yang normal dan beberapa saat kemudian seharusnya langsung masuk ke halaman langkah instalasi berikutnya. Namun, yang terjadi pada laptop saya adalah, tulisan “setup is starting” tidak juga berhenti dan terus menerus loading. Saya tunggu sampai 30 menit, 1 jam, bahkan lebih. Dengan harapan loading ini akan selesai. namun ternyata tidak. Setelah saya pelajari, ternyata ini terjadi karena kerusakan hardware. Namun lebih lengkapnya, silakan Anda simak tulisan saya ini yang berjudul Cara Memperbaiki Eror “setup is starting” yang Tidak Mau Berhenti. Sebagai referensi awal, silakan Anda baca beberapa tulisan berikut ini:
Windows Setup Hangs When "Setup Is Starting Windows" Screen Appears
Setup is starting services "loop" No Repair or installation Disk
Windows 7 Install Stuck at Setup is Starting
Computer is stuck on "Setup is Starting Services" screen

Penyebab Eror Setup is Starting yang Tidak Mau Berhenti serta Solusinya


Setup Is Starting (Sumber)
Peyebab utama eror “setup is starting” adalah dikarenakan kerusakan pada harddisk. Ini perlu diingat dan dicatat, bahwa penyebab utama masalah “setup is starting” adalah karena harddisk yang rusak. Ada beberapa pendapat yang mengatakan itu disebabkan karena CD instalasi windows kita yang sudah rusak, atau CD-ROM kita yang sudah rusak, atau bahkan RAM kita yang pemasangannya kurang sempurna. Lalu bagaimana cara memperbaikinya? Salah satu cara memperbaiki eror “setup is starting” yang tidak mau berhenti adalah dengan memperbaiki harddisk nya. Ini merupakan solusi yang paling efektif. Sekali lagi dapat dikatakan, bahwa cara memperbaiki eror “setup is starting” yang tidak mau berhenti adalah dengan memperbaiki harddisk nya. Namun, selain harddsik, seperti yang saya utarakan di atas, terdapat beberapa kemungkinan lain. Oleh karena itu, mari kita bahas satu-persatu kemungkinan-kemungkinan tersebut.


CD/Flashdisk Instalasi Windows Rusak

Ini adalah salah satu kemungkinan kenapa eror “setup is starting” selalu muncul dan tidak mau berhenti. Cobalah Anda ganti CD atau flashdisk instalsi windows dengan yang baru. Burn ulang, lalu gunakan untuk meginstall. Apakah berhasil? Jika iya, selamat, masalah Anda sudah terselesaikan. Namun jika belum, silakan cek beberapa solusi di bawah ini.

CD ROM Rusak


Mungkin juga CD ROM Anda yang rusak. Cobalah cara lain, misalnya mengganti CD ROM. Gunakan CD ROM eksternal. Siapa tahu, cara ini berhasil sebagai cara memperbaiki eror “setup is starting” yang tidak mau berhenti.

RAM Rusak/Pemasangan Kurang Sempurna


Ada baiknya kita juga memeriksa RAM kita. Caranya adalah dengan melepas RAM dari motherboard, lalu kita bersihkan dengan penghapus karet. Setelah itu, kita pasang kembali RAM pada posisi yang tepat dengan pemasangan yang benar. Biasanya, RAM yang rusak memiliki indikasi yakni computer/laptop kita akan berbunyi beep mati-nyala, terus-menerus.

Harddisk Rusak

Bagaimana kita tahu bahwa harddisk kita rusak? Caranya adalah dengan masuk ke BIOS, lalu lakukanlah harddisk checking. Apakah ada bad sector atau tidak pada harddisk computer/laptop kita. Atau malah harddisk kita sudah tidak terdeteksi. Atau karena memang sudah rusak parah, maka BIOS sendiri sudah tidak dapat mengenali harddisk kita. Silakan lakukan BIOS Checking terlebih dahulu, sebelum kita perbaiki/ganti harddisk kita dengan yang baru.

Cara Memperbaiki Harddisk yang Rusak

Lalu, seandainya harddisk kita sudah positif rusak, bagaimana kita bisa memperbaiki harddisk kita? Sebenarnya terdapat beberapa alternative cara. Cara-cara ini juga merupakan solusi dari permasalahan cara memperbaiki eror “setup is starting” yang tidak mau berhenti. Cara memperbaiki eror “setup is starting” yang tidak mau berhenti dengan memperbaiki harddisk adalah sebagai berikut:
  1. Kita restart computer/laptop kita, lalu ulangi proses install ulang, untuk beberapa kasus, hal ini berhasil, dan computer berjalan normal seperti biasa. Artinya kerusakan tidak terlalu parah
  2. Pada saat “setup is starting” muncul, tunggu saja sampai selesai, bisa 30 menit, 1 jam, 3 jam, atau bahkan lebih. Jika beruntung dan berhasil, maka proses “setup is starting” akan berhenti dan proses instalasi akan berjalan normal kembali
  3. Ganti harddisk. Cara paling efektif dan sudah terbukti (karena saya mempraktekkannya langsung) adalah dengan mengganti harddisk dengan yang baru. Sementara itu, data-data pada harddisk yang lama dapat kita backup dengan menjadikannya harddisk sekunder (slave) pada computer lain. Inilah Cara memperbaiki eror “setup is starting” yang tidak mau berhenti yang paling efektif. Yakni dengan mengganti harddisknya.
Dari sekian banyak alternative cara di atas, kemungkinan penyebab munculnya eror “setup is starting” yang paling tinggi adalah karena harddisk yang rusak. Oleh karena itu, menurut penulis, cara memperbaiki eror “setup is starting” yang tidak mau berhenti yang paling efektif adalah dengan megganti harddisknya.

Demikianlah berbagai cara yang dapat kita usahakan sebagai cara memperbaiki eror “setup is starting” yang tidak mau berhenti. Silakan Anda praktekkan semua kemungkinan di atas, karena kita tidak tahu sebenarnya bagian mana dari laptop kita yang rusak. Semoga tulisan cara memperbaiki eror “setup is starting” yang tidak mau berhenti ini cukup bermanfaat untuk kawan-kawan semua yang mengalami eror yang sama.

Available link for download