Thursday, August 25, 2016

Ternyata Cara Membuat Aplikasi Facebook Bisa Semudah Ini

Ternyata Cara Membuat Aplikasi Facebook Bisa Semudah Ini


Cara Membuat Website Sosial Media

Bagaimana cara Mark Zuckerberg membuat Facebook? Bagaimana membuat aplikasi Twitter? Bagaimana Google+, Path, Pinterest, LinkedIn dibuat? Pertanyaan mendasarnya adalah, bagaimana cara membuat website sosial media?

Jika kita memiliki ide untuk membuat sebuah website sosial media, atau sebuah website berbasis user generated content, bagaimana cara kita mewujudkan hal tersebut? Silakan simak terus tulisan ini, karena tulisan ini akan memberikan informasi tentang bagaimana cara membuat website sosial media.

Pendekatan Cara Membuat Website Sosial Media

Pada dasarnya, terdapat beberapa pendekatan cara membuat website sosial media. Diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Membuatnya sendiri menggunakan skill pemrograman sendiri
  2. Meminta bantuan teman yang ahli programming
  3. Membayar programmer professional / Konsultan IT / Software Developer
Langkah-langkah di atas saya sebut sebagai pendekatan jika kita ingin membuat website sosial media. Lantas, jika kita ingin cara membuat website sosial media secara teknis, bagaimana caranya?


Cara Membuat Website Sosial Media Secara Teknis

Sekali lagi, terdapat beberapa cara membuat website sosial media secara teknis. Apa saja caranya? Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Coding dari scratch (programming dari nol). 

Kita bisa menggunakan php, Ajax, .Net, dan lain sebagainya. Namun untuk melakukan hal ini, diperlukan kemampuan programming yang mumpuni dengan menguasai berbagai cabang keilmuan yang lain termasuk di dalamnya adalah pengetahuan tentang Database, SDLC, bahkan infrastruktur komputer.

2. Menggunakan CMS sosial media atau jejaring sosial. 


Content Management System (CMS) dapat pula digunakan untuk membuat sosial media. Beberapa contoh CMS yang sering digunakan untuk membuat sosial media diantaranya semacam JCow, Oxwall, CMS Etano, Sharetronix, ataupun DCMS Facebook.

Tutorial untuk dapat menggunakan sosial media ini, dapat kita lihat melalui beberapa tautan berikut ini:
      Cara Membuat Website Sosial Media Menggunakan JCow
      Cara Membuat Website Sosial Media Menggunakan Oxwall
      Cara Membuat Website Sosial Media Menggunakan CMS Etano
      Cara Membuat Website Sosial Media Menggunakan Sharetronix
      Cara Membuat Website Sosial Media Menggunakan DCMS Facebook  ; Source 2

      Sementara itu, kita juga perlu mengetahui syarat-syarat apa saja yang harus kita penuhi jika kita ingin membangun sebuah website sosial media secara teknis. Paling tidak ada beberapa syarat teknis dasar yang harus kita penuhi, diantaranya akan dijelaskan sebagai berikut.



      Syarat-syarat Cara Membuat Website Sosial Media Secara Teknis 

      1. Memiliki Hosting/Server Sendiri

      Jika kita ingin memiliki website sosial media sendiri, maka sudah merupakan kewajiban kita memiliki hosting/server sendiri. Kita tidak bisa mengandalkan hosting gratisan seperti blogger atau wordpress, karena website sosial media membutuhkan kapasitas dan fasilitas yang lebih lengkap. Karena website sosial media bersifat lebih dinamis dan bukan sekedar blog. Oleh karena itu, memiliki hosting, virtual private server, atau bahkan server sendiri, merupakan sebuah kewajiban. Untuk hosting, Anda bisa membelinya di Master Web, JagoanHosting, atau GoDaddy. Silakan pilih yang menurut Anda paling nyaman sebagai salah satu syarat cara membuat website sosial media.

      2. Memiliki Domain Sendiri  

      Domain juga merupakan keharusan. Karena tidak mungkin kita tidak memiliki domain, padahal kita ingin situs kita didatangi banyak orang. Seperti halnya hosting, Anda bisa membeli domain melalui beberapa situs penyedia layanan hosting dan domain seperti Master Web, JagoanHosting, atau GoDaddy. Ketika hosting dan domain sudah Anda miliki, langkah terakhir adalah tinggal membuatnya secara teknis dengan melakukan coding sendiri dari nol, atau menggunakan CMS seperti yang sudah saya ungkapkan sebelumnya.

      ========================================================================

      Demikianlah tulisan mengenai cara membuat website sosial media ini. Semoga tulisan cara membuat website sosial media ini dapat memberikan insight tersendiri bagi kita, walaupun tulisan ini bersifat informatif. Sudah banyak tutorial teknis lainnya seperti yang sudah saya tautkan melalui beberapa link di atas. Semoga semangat kita untuk memahami dan menguasai cara membuat website sosial media sendiri tidak padam dan akan menghasilkan sebuah website sosial media yang mapan dan bagus. Salam sukses! 

      Available link for download